Langsung ke konten utama

Pekan Down Syndrome 2018: Mereka Punya Kesempatan yang Sama




Kegiatan Pekan Down Syndrome 2018 yang diadakan oleh Dinas Pengembangan Masyarakat BEM KM FK Unsri dan AMSA Unsri berlangsung di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Palembang. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10 Maret 2018 yang dimulai pada pukul 09.00 s.d. selesai. Acara ini dibagi menjadi dua kegiatan, yang mana kegiatan kedua akan dilaksanakan pada tanggal 24 Maret mendatang.


Tujuan diadakannya acara ini tentu saja untuk memperingati Hari Down Syndrome pada tanggal 21 Maret nanti. Acara ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada orang tua mengenai Down Syndrome. Selain itu dengan diadakannya acara ini, mahasiswa FK Unsri dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam pemeriksaan kesehatan.




Menurut Nyayu Zianatul Khoiriyah, selaku ketua pelaksana pekan Down Syndrome 2018 mengatakan bahwa acara ini penting sekali karena dalam acara ini diadakan pemeriksaan kesehatan serta seminar edukasi kepada orang tua tentang anak-anak Down Syndrome, bagaimana sikap orang tua terhadap anaknya, kemudian memberi pengertian kepada orang tua agar tidak berkecil hati karena memiliki anak yang berkebutuhan khusus. Selain itu juga mengadakan Fun Day berupa lomba mewarnai untuk mengasah kreativitas anak-anak Down Syndrome, karena seperti yang kita tahu, otak kanan anak-anak Down Syndrome ini lebih dominan sehingga mereka tentunya memiliki kelebihan dalam kreativitas.


Acara ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya saja, terdapat juga beberapa dokter yang ikut berperan dalam berlangsungnya acara ini. Untuk pemeriksaan anak dilakukan pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, facial characteristics, gigi, jantung dan ekstremitas. Pada pemeriksaan orang tua pun juga dilakukan pengukuran tekanan darah, gula darah dan asam urat serta tempat konsultasi dengan para dokter.




Acaranya berlangsung dengan lancar, terlihat dari antusias peserta dan pihak yayasan juga  sangat mendukung kegiatan ini, serta pelaksanaan yang berjalan dengan tertib. Panitia juga sudah bekerja dengan baik.


Untuk kendala dari acara ini hanya pemilihan waktunya saja. Karena sulit untuk mengumpulkan anak-anak di akhir pekan. Namun dari panitia sendiri tidak bisa mengadakan kegiatan selain akhir pekan karena jadwal kuliah yg harus diikuti.

“Untuk acara Pekan Down Syndrome tahun depan, harapan kakak kedepannya dapat lebih variatif, kemudian komunikasikan segala sesuatunya dengan anggota maupun pihak sekolah dengan baik agar kegiatannya dapat berjalan dengan baik pula”, ujar Nyayu Zianatul Khoiriyah.



Melalui langkah sederhana ini terselip harapan seluruh masyarakat Indonesia bahwa Down Syndrome bukanlah pembatas harapan. Mereka memiliki kesempatan yang sama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PIMKES 2016 : HEALTHY DIET FOR PERFECT BODY

Palembang, 1 mei 2016, bertempatnya di gedung Graha Bina Praja, MEDIFKA dan FKIA FK UNSRI mengadakan kembali sebuah Pelatihan Ilmiah dan Seminar Kesehatan yang dikenal sebagai PIMKES. PIMKES merupakan proker besar tahunan milik Kajian Ilmiah MEDIFKA DAN FKIA FK UNSRI, yang dimana tema yang diambil tahun ini adalah “ Healthy Diet for Perfect Body”   untuk seminar kesehatannya dengan icon pembicara yang sangat populer yaitu dr. Rizal alaydrus CSN dan ibu Sri Maryatun, S.Kep.,Ners., M.Kep., dan untuk Pelatihan ilmiahnya tentang Skripsi dan Poster Publik dengan pembicara yang bersahabat yaitu ibu Yenni Lidyawati M. Pd dan dr. Ziske Maritska, MD. Msi. Med. Tahun ini peserta PIMKES yang hadir beragam jenis dari instansi kesehatan di palembang maupun diluar kota palembang kemudian bukan hanya dari instansi kehatan saja tetapi anak SMA pun juga turut ikut dalam acara ini. Acara PIMKES dimulai dengan kata sambutan dari ketua pelaksana PIMKES Muhammad Arma, Kemudian ketua FKIA Vond

Unforgettable Memories in MEGABYTE

Palembang, Medifka -- MEGABYTE adalah singkatan dari Medifka Gathering Being Your Sweet Memories yang diselenggarakan oleh anggota Medifka 2017. Acara Gathering Medifka diadakan pada Sabtu (11/11) pagi, yang berada di Kedai Pak Ciman . Acara MEGABYTE pun bertemakan konsep autumn (musim gugur) yang bertepatan dengan musim di luar negeri saat ini. MEGABYTE dihadiri oleh alumni Medifka angkatan 2015 dan 2016. “Acara gathering ini dilaksanakan untuk mempererat tali silaturahmi antar anggota dan alumni Medifka”, ujar Pramadita Widya, selaku Ketua Pelaksana MEGABYTE. Acara MEGABYTE diawali dengan kata sambutan Ketua Pelaksana MEGABYTE, diikuti kata sambutan Ketua Umum Medifka Periode 2017/2018, yaitu Anastashya Maharani, dan juga kata sambutan perwakilan alumni Medifka 2016, yaitu Kak Ghina Kartika. Lalu, acara MEGABYTE dilanjutkan dengan sharing antar anggota dan alumni Medifka. Sharing antar anggota-alumni membuat saling terbuka satu sama lain, yang mengenai bagaimana menjal

SriMO 2016 (Sriwijaya Medical Olympiad 2016)

Sriwijaya Medical Olympiad atau yang dikenal dengan SRIMO merupakan  acara dari program kerja yang dilaksanakan oleh departemen PENDPRO BEM KM FK UNSRI dengan bermitra bersama BO FKIA FK UNSRI. Adapun acara ini diselenggarakan untuk mencari mahasiswa-mahasiswi terbaik untuk mewakili FK UNSRI di lomba yang diadakan sebagai ajang seleksi untuk mengikuti Regional Medical Olympiad oleh FK UNSRI. Adapun bidang lomba yang ada di Srimo ini ialah neurology-psychiatry, genitourinary-reproduction, respiration-cardiovascular, gastro-enterohepato-endocrine, tropical infection dan musculoskeletal . Pada hari Sabtu tanggal 5 maret  2016, para peserta yang merupakan mahasiswa preklinik pendidikan dokter umum Universitas Sriwijaya yang totalnya ada 22 tim saling unjuk gigi dalam mengikuti Srimo ini. Bentuk penyisihan pertama dari perlombaan ini ialah Multiple Choice Question (MCQ) dengan sistem seperti tes tertulis SBMPTN dan dilanjutkan dengan Objective Structural Practical Examination (OSPE).