Langsung ke konten utama

SPORA 2019


SPORA (Scientific Project and Olympiad of Sriwijaya) adalah perlombaan tingkat nasional dan internasional yang diselenggarakan oleh BEM KM FK Unsri, FKIA, dan Medifka. Tema yang diangkat untuk tahun ini adalah "The Latest Updates in Obstetrics and Gynaecology in Improving Maternal and Fetal Health to Achieve the Third Goal of SDG's". Terdapat beberapa perlombaan diantaranya; Educational Video, Medical Competition, Public Poster, Scientific Essay, dan Literature Review.

Untuk SPORA tahun ini, ada 24 universitas dari seluruh wilayah di Indonesia dan yang terjauh berasal dari Makassar yaitu Universitas Hasanuddin. Sebenarnya ada juga peserta dari Australia yang ikut berkompetisi. Namun sayangnya, terjadi beberapa kendala yang menyebabkan mereka tidak dapat datang ke Palembang untuk melanjutkan perlombaan ke tahap berikutnya.

SPORA tahun ini diselenggarakan mulai tanggal 12-15 September 2019. Pada tanggal 12 September malam diselenggarakan acara Welcoming Party yang dilaksanakan di hotel 1O1 Palembang.




Keesokan harinya dilanjutkan dengan perlombaan, lalu pada siang hingga malam hari diadakan City Tour I bagi delegasi untuk mengeksplorasi kota Palembang. Beberapa tempat yang dikunjungi diantaranya; Jakabaring Sport Center, Monpera, Masjid Agung, dan mencoba merasakan public transportation baru di Palembang yakni LRT.

Di hari berikutnya, diselenggarakan Seminar dan Workshop dari pagi hingga sore hari. Ada juga City Tour II yang diselenggarakan untuk delegasi yang tidak mengikuti Seminar, Workshop, dan Medical Competition tahap akhir. City Tour II mengunjungi Pulau Kemaro dan BKB sebagai destinasi wisata terkenal di Palembang.



Pada malam harinya, diselenggarakan Farewell Party sekaligus pengumuman pemenang lomba yang bertempat di Grand Atyasa Convention Center Palembang. Barulah di hari terakhir yaitu tanggal 15 September seluruh delegasi kembali ke kotanya masing-masing.



"Semoga kedepannya SPORA makin sukses dan untuk adik-adik kepengurusan selanjutnya kami doakan yang terbaik untuk kalian" ujar M. Ihsan Abdurrahman, selaku Ketua Pelaksana dari SPORA 2019.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PIMKES 2016 : HEALTHY DIET FOR PERFECT BODY

Palembang, 1 mei 2016, bertempatnya di gedung Graha Bina Praja, MEDIFKA dan FKIA FK UNSRI mengadakan kembali sebuah Pelatihan Ilmiah dan Seminar Kesehatan yang dikenal sebagai PIMKES. PIMKES merupakan proker besar tahunan milik Kajian Ilmiah MEDIFKA DAN FKIA FK UNSRI, yang dimana tema yang diambil tahun ini adalah “ Healthy Diet for Perfect Body”   untuk seminar kesehatannya dengan icon pembicara yang sangat populer yaitu dr. Rizal alaydrus CSN dan ibu Sri Maryatun, S.Kep.,Ners., M.Kep., dan untuk Pelatihan ilmiahnya tentang Skripsi dan Poster Publik dengan pembicara yang bersahabat yaitu ibu Yenni Lidyawati M. Pd dan dr. Ziske Maritska, MD. Msi. Med. Tahun ini peserta PIMKES yang hadir beragam jenis dari instansi kesehatan di palembang maupun diluar kota palembang kemudian bukan hanya dari instansi kehatan saja tetapi anak SMA pun juga turut ikut dalam acara ini. Acara PIMKES dimulai dengan kata sambutan dari ketua pelaksana PIMKES Muhammad Arma, Kemudian ketua FKIA Vond

Unforgettable Memories in MEGABYTE

Palembang, Medifka -- MEGABYTE adalah singkatan dari Medifka Gathering Being Your Sweet Memories yang diselenggarakan oleh anggota Medifka 2017. Acara Gathering Medifka diadakan pada Sabtu (11/11) pagi, yang berada di Kedai Pak Ciman . Acara MEGABYTE pun bertemakan konsep autumn (musim gugur) yang bertepatan dengan musim di luar negeri saat ini. MEGABYTE dihadiri oleh alumni Medifka angkatan 2015 dan 2016. “Acara gathering ini dilaksanakan untuk mempererat tali silaturahmi antar anggota dan alumni Medifka”, ujar Pramadita Widya, selaku Ketua Pelaksana MEGABYTE. Acara MEGABYTE diawali dengan kata sambutan Ketua Pelaksana MEGABYTE, diikuti kata sambutan Ketua Umum Medifka Periode 2017/2018, yaitu Anastashya Maharani, dan juga kata sambutan perwakilan alumni Medifka 2016, yaitu Kak Ghina Kartika. Lalu, acara MEGABYTE dilanjutkan dengan sharing antar anggota dan alumni Medifka. Sharing antar anggota-alumni membuat saling terbuka satu sama lain, yang mengenai bagaimana menjal

SriMO 2016 (Sriwijaya Medical Olympiad 2016)

Sriwijaya Medical Olympiad atau yang dikenal dengan SRIMO merupakan  acara dari program kerja yang dilaksanakan oleh departemen PENDPRO BEM KM FK UNSRI dengan bermitra bersama BO FKIA FK UNSRI. Adapun acara ini diselenggarakan untuk mencari mahasiswa-mahasiswi terbaik untuk mewakili FK UNSRI di lomba yang diadakan sebagai ajang seleksi untuk mengikuti Regional Medical Olympiad oleh FK UNSRI. Adapun bidang lomba yang ada di Srimo ini ialah neurology-psychiatry, genitourinary-reproduction, respiration-cardiovascular, gastro-enterohepato-endocrine, tropical infection dan musculoskeletal . Pada hari Sabtu tanggal 5 maret  2016, para peserta yang merupakan mahasiswa preklinik pendidikan dokter umum Universitas Sriwijaya yang totalnya ada 22 tim saling unjuk gigi dalam mengikuti Srimo ini. Bentuk penyisihan pertama dari perlombaan ini ialah Multiple Choice Question (MCQ) dengan sistem seperti tes tertulis SBMPTN dan dilanjutkan dengan Objective Structural Practical Examination (OSPE).