Langsung ke konten utama

Highlight SPORA 2018: Ajang Berprestasi dan Mendapat Teman Baru


SPORA (Scientific Project and Olympiad of Sriwijaya) baru saja sukses dilaksanakan. Acara yang berlangsung pada tanggal 27-30 September ini berlangsung meriah dan meninggalkan kesan tersendiri bagi setiap orang yang terlibat di dalamnya.

SPORA merupakan acara besar Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya yang diadakan oleh BEM KM, FKIA, dan Medifka FK Unsri dalam bentuk kompetisi ilmiah dan akademik yang mengajak seluruh mahasiswa FK di Indonesia untuk beradu kreatifitas, ide, pemikiran, pemahaman ilmu, dan inovasi yang tertuang dalam lima macam kompetisi yang diadakan yaitu Medical Competition, Research Paper, Video Edukasi, Poster Publik, dan Esai Ilmiah.

Delegasi yang mengikuti SPORA pada tahun ini berjumlah 132 mahasiswa dari 27 Fakultas Kedokteran dan Kesehatan di Indonesia termasuk dari UI, UGM, Unand, Undip, UGM, Unpad, Unhas, Unissula, Unsri, bahkan ITB.


Penjemputan delegasi di Bandar Udara Internasional Badaruddin II oleh panitia SPORA, Kamis (27/2018).

Berikut ini hal yang menjadi highlight pada pelaksanaan SPORA 2018.

1.      Kemunculan kembali maskot SPORA

Pada malam hari (27/8), maskot SPORA yaitu Ora dan Ori muncul kembali dalam acara Welcoming Party untuk menyambut para delegasi. Acara ini diadakan di Grand Atyasa Convention Center. Pihak panitia SPORA menjamu para delegasi dengan makanan yang juga ditemani dengan penampilan musik dari para penampil yang tidak lain ialah mahasiswa FK Unsri.

Maskot Spora yaitu Ora dan Ori dalam acara Welcoming Party di Grand Atyasa Convention Center, Kamis (27/9/2018).

2.      Kompetisi Seru SPORA 2018

Lima kompetisi SPORA berlangsung dari tanggal 28-29 September yang diadakan pusatnya di FK Unsri Madang dan sebagian dilaksanakan di FK Unsri Bukit.

Peserta Medical Competition mengerjakan soal MCQ di FK Unsri Madang, Jumat (28/8/2018).

Peserta Medical Competition mengerjakan soal OSPE di FK Unsri Madang, Jumat (28/9/2018).

Peserta Medical Competition mengerjakan soal slide berjalan di FK Unsri Bukit, Jumat (28/9/2018).

Peserta Esai Ilmiah melakukan presentasi di depan juri, Jumat (28/8/2018).

Peserta Poster Publik melakukan presentasi, Jumat (28/9/2018).

Peserta Research Paper, Jumat (28/29/2018).

3.      Seminar Symposium “Cardiovascular Disease: Not Contagious but Crucial”

Pada hari Sabtu tanggal 29 September 2018 diadakan Symposium di Gedung Serbaguna Universitas Sriwijaya Kampus Palembang. Symposium tahun ini mengambil tema “Cardiovascular Disease: Not Contagious but Crucial”. Acara ini mendatangkan pembicara yang hebat dan ahli di bidangnya, yaitu dr. Erwin Sukandi, Sp. PD, K-KV, FINASIM., dr. Gama Satria, Sp. B, Sp. B-TKV., dr. Bermansyah, Sp. B, Sp. B-TKV., dengan moderator dr. Nelda Aprilia Salim, Sp. PD. 

Peserta seminar mengikuti Symposium di Gedung Serbaguna Universitas Sriwijaya Kampus Palembang, Sabtu (29/9/2018).

4.      City tour bersama delegasi
City Tour hari pertama (28/9) para delegasi menuju ke Museum Balaputradewa, Lenggok, dan Masjid Agung. Pada malam harinya para delegasi memiliki LO time, dimana mereka bebas pergi melihat-lihat kota Palembang bersama LO mereka masing-masing. Pada city tour hari kedua, para delegasi menuju ke Pulau Kemaro sehabis mengikuti seminar Symposium.

Delegasi berfoto bersama di Pulau Kemaro, Sabtu (29/9/2018).

5.      Mengucap salam perpisahan di Farewell Party

Farewell Party  (29/9) dilaksanakan di Rumah Dinas Walikota dan dihadiri oleh beberapa orang penting seperti Asisten 1 Walikota Palembang, beberapa anggota IDI, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya dan Rektor Universitas Sriwijaya.
Pada Farewell Party diumumkan para pemenang dari lima kompetisi yang diadakan. Tidak ketinggalan pula jamuan makan malam yang disiapkan oleh Walikota Palembang yang sangat menggugah selera. Acara ditutup dengan kegiatan tukar kado untuk seluruh delegasi. 

Foto bersama delegasi dan panitia SPORA 2018 di Rumah Dinas Walikota Palembang, Sabtu (29/9).











Komentar

Postingan populer dari blog ini

PIMKES 2016 : HEALTHY DIET FOR PERFECT BODY

Palembang, 1 mei 2016, bertempatnya di gedung Graha Bina Praja, MEDIFKA dan FKIA FK UNSRI mengadakan kembali sebuah Pelatihan Ilmiah dan Seminar Kesehatan yang dikenal sebagai PIMKES. PIMKES merupakan proker besar tahunan milik Kajian Ilmiah MEDIFKA DAN FKIA FK UNSRI, yang dimana tema yang diambil tahun ini adalah “ Healthy Diet for Perfect Body”   untuk seminar kesehatannya dengan icon pembicara yang sangat populer yaitu dr. Rizal alaydrus CSN dan ibu Sri Maryatun, S.Kep.,Ners., M.Kep., dan untuk Pelatihan ilmiahnya tentang Skripsi dan Poster Publik dengan pembicara yang bersahabat yaitu ibu Yenni Lidyawati M. Pd dan dr. Ziske Maritska, MD. Msi. Med. Tahun ini peserta PIMKES yang hadir beragam jenis dari instansi kesehatan di palembang maupun diluar kota palembang kemudian bukan hanya dari instansi kehatan saja tetapi anak SMA pun juga turut ikut dalam acara ini. Acara PIMKES dimulai dengan kata sambutan dari ketua pelaksana PIMKES Muhammad Arma, Kemudian ketua FKIA Vond

Unforgettable Memories in MEGABYTE

Palembang, Medifka -- MEGABYTE adalah singkatan dari Medifka Gathering Being Your Sweet Memories yang diselenggarakan oleh anggota Medifka 2017. Acara Gathering Medifka diadakan pada Sabtu (11/11) pagi, yang berada di Kedai Pak Ciman . Acara MEGABYTE pun bertemakan konsep autumn (musim gugur) yang bertepatan dengan musim di luar negeri saat ini. MEGABYTE dihadiri oleh alumni Medifka angkatan 2015 dan 2016. “Acara gathering ini dilaksanakan untuk mempererat tali silaturahmi antar anggota dan alumni Medifka”, ujar Pramadita Widya, selaku Ketua Pelaksana MEGABYTE. Acara MEGABYTE diawali dengan kata sambutan Ketua Pelaksana MEGABYTE, diikuti kata sambutan Ketua Umum Medifka Periode 2017/2018, yaitu Anastashya Maharani, dan juga kata sambutan perwakilan alumni Medifka 2016, yaitu Kak Ghina Kartika. Lalu, acara MEGABYTE dilanjutkan dengan sharing antar anggota dan alumni Medifka. Sharing antar anggota-alumni membuat saling terbuka satu sama lain, yang mengenai bagaimana menjal

SriMO 2016 (Sriwijaya Medical Olympiad 2016)

Sriwijaya Medical Olympiad atau yang dikenal dengan SRIMO merupakan  acara dari program kerja yang dilaksanakan oleh departemen PENDPRO BEM KM FK UNSRI dengan bermitra bersama BO FKIA FK UNSRI. Adapun acara ini diselenggarakan untuk mencari mahasiswa-mahasiswi terbaik untuk mewakili FK UNSRI di lomba yang diadakan sebagai ajang seleksi untuk mengikuti Regional Medical Olympiad oleh FK UNSRI. Adapun bidang lomba yang ada di Srimo ini ialah neurology-psychiatry, genitourinary-reproduction, respiration-cardiovascular, gastro-enterohepato-endocrine, tropical infection dan musculoskeletal . Pada hari Sabtu tanggal 5 maret  2016, para peserta yang merupakan mahasiswa preklinik pendidikan dokter umum Universitas Sriwijaya yang totalnya ada 22 tim saling unjuk gigi dalam mengikuti Srimo ini. Bentuk penyisihan pertama dari perlombaan ini ialah Multiple Choice Question (MCQ) dengan sistem seperti tes tertulis SBMPTN dan dilanjutkan dengan Objective Structural Practical Examination (OSPE).